Monday, July 16, 2012

Love True Story

Sebuah film kisah cinta sejati yang diangkat dari kisah nyata berdasarkan buku harian Kitou Aya “1 litre of tears” yang berjuang menghadapi penyakit Spinocerebellar Degeneration (kerusakan sumsum tulang belakang). sebuah kutipan dari buku harian yang kelak mengubah kehidupan banyak orang yang menceritakan perjuangan Kitou Aya menghadapi penyakit yang dideritanya dari umur 14 sampai 25 tahun.

di filmnya diganti nama menjadi Ikeuchi Aya adalah anak tertua keluarga Ikeuchi seorang gadis yang sempurna, cantik, baik hati, lemah lembut, ramah, pandai dan bintang basket di sekolahnya. Ia juga kebanggaan keluarga Ikeuchi, sebuah keluarga sederhana dengan enam anggota keluarga. Ayahnya, Mizua Ikeuchi seorang pembuat tofu (tahu Jepang) dengan membuka toko tofu di rumah. Ibunya, Shioka Ikeuchi seorang konsultan kesehatan yang bekerja di rumah sakit setempat. Adiknya Ako si gadis pemberontak, Adiknya Hiroki yang menyukai sepak bola dan Rika adik paling terkecil.

Masuknya Ikeuchi Aya ke SMA Higashi Koukou merupakan puncak kebahagiaan keluarga Ikeuchi dan Ikeuchi Aya sendiri karena 2 sahabatnya diterima di sekolah dan kelas yang sama disamping Ikeuchi Aya juga diterima bergabung dengan klub basket sekolah karena kemampuannya ternyata di klub basket itu Ikeuchi Aya kembali bertemu dengan kakak kelas yang ditaksirnya dari SMP yang ternyata menyukai dirinya.

Ikeuchi Aya di usianya yang masih sangat belia yaitu 15 tahun divonis menderita penyakit Spinocerebellar Degeneration, sebuah penyakit syaraf tanpa obat yang tak dapat disembuhkan. penderitanya akan mengalami penurunan kemampuan syaraf, mulai dari kelumpuhan sampai kehilangan kemampuan menulis dan bicara bahkan kemampuan menelan makanan pun akan hilang perlahan-lahan sampai akhirnya meninggal dunia.

Ikeuchi Aya secara tidak sengaja berkenalan dengan seorang cowok bernama Haruto Asou ternyata teman sekelasnya, Haruto Asou tipikal cowok penyendiri, cuek dan tidak peduli dengan segala hal yang terjadi di sekelilingnya sering menghabiskan waktu di klub biologi karena kematian kakaknya membawa sebagian hati Haruto Asou bersamanya tapi dari Ikeuchi Aya sendirilah, Haruto Asou malah belajar banyak hal mengenai kehidupan terutama dalam hal bersikap pantang menyerah dan terus berjuang.

karena kondisi itulah keduanya makin lama makin dekat dan akrab bahkan Haruto Asou orang yang membawakan Ikeuchi Aya payung ketika di hujan deras Ikeuchi Aya menunggu kakak kelasnya yang ditaksir dari SMP secara tiba-tiba membatalkan kencan karena penyakitnya Ikeuchi Aya dan Haruto Asou satu-satunya orang yang selalu tetap berada di sisi Ikeuchi Aya bahkan ketika kondisi Ikeuchi Aya semakin memburuk.

Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan Kitou Aya dokternya meminta Kitou Aya untuk menulis segala hal yang dialaminya di buku harian dan pada tanggal 23 maret 1988 pukul 12.55 Kitou Aya pada usia 25 tahun meninggal dunia di mana beristirahat dikelilingi oleh bunga-bunga.

sebuah kisah cinta sejati dari buku harian mengenai ketabahan, cinta dan kehangatan keluarga, berikut sedikit kutipan buku harian Kitou Aya yang diberi nama “1 litre of tears (1 liter air mata)” yang terjual lebih dari 18 juta kopi dan membawa keberanian untuk banyak orang.

“jika saya bunga saya akan bertunas aku ingin menghargai awal hari-hari muda saya tanpa penyesalan”

“ibu dari lubuk hatiku saya tahu bahwa kamu akan selalu percaya padaku kelak aku akan menyusahkan kamu lagi aku minta maaf karena hanya membawa masalah kepadamu ibu”

“mengapa saya dipilih untuk memiliki penyakit ini? saya tidak bisa menerima kata-kata semua ini adalah nasib”

“saya ingin membangun sebuah mesin waktu jadi saya bisa kembali ke masa lalu. jika saya tidak memiliki penyakit ini saya mungkin telah menemukan cinta. kerinduan untuk memeluk seseorang tak tertahankan”

“saya tidak akan bicara lagi untuk ingin dapat kembali ke masa lalu. aku akan menerima diriku sekarang ini, aku akan hidup”

“saya menyadari bahwa meskipun akan ada tatapan kejam yang menyakiti saya akan ada jumlah yang sama orang-orang yang peduli karena itu aku tidak akan berlari, suatu hari nanti aku akan bisa melewatinya”

“saya mungkin hanya menjadi gangguan bagi semua orang, aku mungkin tidak menjadi seseorang yang bisa diandalkan oleh orang lain”

“saya suka suara bola bergema melalui ruang olahraga, keheningan kelas setelah kelas berakhir, pemandangan dari luar jendela, suara lantai kayu di lorong, obrolan di kelas. aku suka semua itu”

“saya masih ingin tinggal di sini meskipun ini adalah tempat di mana aku berada. aku benar-benar berterima kasih kepada teman-teman saya untuk mengobati saya sebagai orang normal”

“kamu yang selalu ada untuk menyemangati saya, kamu selalu mendengarkan hal-hal yang aku tidak bisa beritahu pada orang lain, saat aku depresi kamu membuat saya tertawa, kamu tetap selalu ada disisiku, setiap kali hatiku sakit kamu selalu ada untukku, terima kasih asou”

“saya benar-benar mencintai keluarga ini, aku merasa seperti jika kau bersamaku aku akan baik-baik saja kemana pun saya pergi”

“tidak apa-apa kalau jatuh? kamu selalu dapat berdiri lagi, jika saya melihat ke langit ketika aku jatuh bahkan hari ini aku bisa melihat senyum terbatas membentang di langit biru. saya hidup”

“daripada hidup di masa lalu kita harus fokus untuk melakukan segala yang kita bisa sekarang ini”

“aku benci bagaimana setiap kali saya memikirkan masa lalu aku mulai menangis. realitas terlalu kejam, terlalu kuat aku bahkan tidak bisa bermimpi, memikirkan masa depan hanya akan membawa air mata, apa tujuan saya hidup?”

“saya amat takut jika saya tidak menulis apa yang saya rasakan sekarang besok aku mungkin lupa dan akan menghilang ke dalam ketiadaan, buku harian saya adalah bukti saya bahwa saya masih hidup dan ibulah yang menemukan alasan bagi saya untuk hidup”

“jangan tidak sabaran atau serakah jangan pernah menyerah, semua orang harus berjalan perlahan-lahan, aku bukan satu-satunya yang menderita  tidak dimengerti tidak bisa mengerti kedua pilihan itu menyedihkan”

“ibu apakah saya bisa menikah? itulah yang saya pikir tapi bahkan jika saya tidak bisa akhirnya ketika saatnya tiba, aku ingin istirahat benar-benar dikelilingi oleh bunga”

“terima kasih”

sebuah kisah cinta sejati dari buku harian milik Kitou Aya “1 litre of tears” (1 liter air mata) yang luar biasa tidak menyerah sampai akhir yang mengajarkan tentang menghargai makna hidup setiap harinya dengan kehangatan, kebahagiaan dan menyadari kasih sayang dari orang-orang yang dekat.

0 comments

Post a Comment